Kamis, 23 Maret 2017

Menangkap Ide Artikel atau Tulisan

Menangkap Ide Artikel atau Tulisan
Menangkap Ide Artikel atau Tulisan
Holla Pembaca,

Siapa coba yang suka bingung mau posting apa di blog? Atau di tengah-tengah mengerjakan sebuah tulisan tiba-tiba si otak ikutan mogok berpikir? Hal - hal semacam itu sering terjadi bagi anda yang bergelut dalam dunia jurnalis atau seorang blogger.

Saya sendiri sering banget ngalamin hal seperti ini. Kadang bikin frustasi kalau udah mentok dalam berpikir. Kalau udah begitu biasanya saya nutup laptop dan biarkan sampai berhari-hari. Tapi kalau terlalu sering kabur dari tulisan biasanya semangat suka menurun. Ingat *jangan ditiru ya.

Biasanya apa sih yang saya lakukan kalau lagi mentok ide begini?

Nah. Kali ini saya akan mencoba membahas apa saja yang bisa kita jadikan ide dalam tulisan.

Simak ya
  • Foto atau gambar ataua ilustrasi
Biasanya kalau lagi mentok ide atau jenuh nulis. Yang saya lakukan adalah main-main ke instagram atau pinterest.  Ada banyak ribuan gambar yang bisa menstimulasi otakmu.

Pilihlah gambar-gambar yang menyiratkan sebuah cerita di dalamnya. Lalu, tuliskanlah sesuai dengan imajinasimu. Itu efektif buat saya.

Terkadang saya membuat draft di blog dimulai dari gambar terlebih dahulu. Baru saya tetapkan apa yang mau ditulis.
  • Lagu
Kalau kamu bosan ketika menulis atau tiba-tiba otakmu mogok berpikir. Putarlah beberapa lagu kesukaanmu. Resapilah cerita dibalik lagu tersebut atau kutiplah lirik yang kamu suka. Lalu, buatlah sebuah tulisan berdasarkan lagu itu.
Tadaaa...kini kamu punya bahan untuk menulis.
  • Membaca
Banyak penulis yang mengatakan kalau banyak membaca akan membuatmu lebih mudah menemukan ide. Yakin deh kalau itu benar.

Saya sudah mempraktikkannya berulang kali. Setiapa kali tulisan saya mentok. Saya akan lari ke buku. Sesekali saya mencatat kata-kata yang terdengar asing dan mencari artinya di kamus.
  • Nonton Film
Menonton film adalah salah satu aktivitas yang saya sukai kalau lagi bosan menulis. Biasanya saya akan menonton beberapa film. Berusaha meresapinya. Terkadang juga mencatat beberapa dialog yang saya suka.

Jangan lupa baca sinopsisnya. Terkadang sinopsis akan memberimu banyak ide.
  • Media Sosial
Butuh ide tulisan. Coba main-main ke media sosial. Banyak curhatan dari netizen yang bisa menjadi bahan tulisan.

Lumayan kan nggak usah kelimpungam cari ide. Cukup buka media sosialmu dan carilah apa lagi aktual di sana. Bahkan nyinyiran seseorang di media sosial bisa menjadi bahan tulisanmu.
  • Gunakan Panca Inderamu
Yap. Buat mendapatkan ide. Yang perlu kamu lakukan adalah gunakan semua panca inderamu.

Jangan jadi orang yang pasif. Cobalah tengok kanan-kiri. Dengarkan orang lain yang berbicara. Lihat apa yang orang kenakan atau apa yang mereka makan dan bagaimana aroma tubuh seseorang. Semua itu memiliki potensi untuk kamu jadikan bahan tulisan.
  • Sebuah pertanyaan atau What If
Gunakan what if untuk menemukan idemu. Dengan pertanyaan itu kamu akan menemukan banyak ide. Teruslah buat dirimu penasaran. Maka ide akan mengalir dengan deras.

Intinya sih jangan malas ya.

Nah. Sekian tips dari saya. Semoga kalian bisa menemukan ide sebanyak-banyaknya.

Salam Hangat,
Previous Post
Next Post

0 komentar: