Kamis, 23 Maret 2017

Manfaat dan Kegunaan Sticky Note Bagi Penulis

Manfaat dan Kegunaan Sticky Note Bagi Penulis
Manfaat dan Kegunaan Sticky Note Bagi Penulis
Sejujurnya, cara ini baru-baru ini saya temukan. Mungkin, teman-teman di sini sudah menggunakannya, atau mungkin baru tahu juga seperti saya. Saya rasa, menggunakan kertas-kertas perekat dengan warna yang mencolok sangat efektif untuk membangkitkan mood menulis dan juga membantu dalam memerbaiki kosa kata.

Baru-baru ini partner saya membagikan sebuah post di facebook dari salah seorang penulis. Penulis tersebut membuat post-post mengenai kosa kata yang sering sekali kita gunakan, tapi (orang bilang) salah kaprah. Saya sadari, tulisan saya sendiri tidak jauh-jauh dari typo dan kesalahan-kesalahan lainnya. Bahkan, saya seringkali menggunakannya secara berulang-ulang.

Dari linimasa yang saya baca dari penulis tersebut, saya menuliskannya sebagian di sticky note. Kertas-kertas dengan warna mencolok ini ternyata tidak hanya membantu dalam mencatat kosa kata tersebut, tanpa saya sadari banyak sekali kegunaan dari kertas lucu ini. Untuk itu, saya merasa perlu dan wajib membagikan tips menulis ini kepada pembaca Nona-Nona Cantik.

1 | Mencatat Kosa Kata
Kosa kata yang seringkali kita pergunakan sehari-hari dalam menulis, merupakan kosa kata penting yang harus saya catat di atas sticky note. Alasannya, jelas. Agar ketika saya menulis dan ada kosa kata yang tak tahu ejaan yang benar seperti apa, saya bisa mengintip ke arah kertas-kertas berwarna itu, sehingga bisa langsung menerapkannya.


2 | Pencatat Hal-Hal Penting Untuk Draft

Saat menulis pun, kita memiliki sebuah buku khusus untuk menuliskan karakter, setting, dan hal-hal untuk mendukung sebuah draft tulisan. Tapi, terkadang saya malas harus membuka buku tersebut di saat saya lupa mengenai setting. Misalnya, dalam naskah Bil, saya memang tidak membuat alur, plot, dan biodata karakter. Saya langsung menulis dengan menggunakan alur yang ada pada otak saya. Sayangnya, kapasitas otak saya tidak bisa menyimpan hal-hal mendetail, semacam nama gedung perkuliahan Bil. Untuk itu, saya menuliskannya pada sticky note, sehingga dengan mudah saya bisa mengintipnya.

Bukan hanya itu, teman-teman juga bisa menggunakan  kertas tersebut untuk mengatur alur dan menempelkannya di dinding. Dengan begitu, tak perlu lagi membuka buku catatan. Dengan kertas kecil tersebut, teman-teman juga dapat menggonta-ganti alur.

3 | Menulis Kutipan
Selain membaca, hobi saya adalah menonton film. Terkadang, akan ada kalimat-kalimat yang mengena di hati dalam film tersebut, dan saya buru-buru menuliskannya. Saya tidak langsung meraih buku khusus untuk kutipan, tapi justru mengambil satu lembar sticky note dan mencatatnya di sana. Kemudian, saya tempel di tembok.

Tidak hanya dari film, terkadang saat melakukan percakapan dengan seorang teman pun, kita bisa saja menemukan kutipan yang mengena dan pantas diabadikan. Untuk itu, sticky note sangat membantu untuk mengingat kutipan tersebut.

4 | Pengingat Tenggat Waktu dan Goal List

Di dalam kamar saya terdapat sebuah kertas dengan kotak-kotak yang saya buat untuk goal list dalam sebulan atau seminggu. Di dalam kotak-kotak tersebut terdapat sticky note yang mencatat list yang harus tercapai dalam seminggu atau sebulan. Selain goal list, sticky note juga saya gunakan untuk mencatat tenggat waktu yang harus saya kerjakan. Untuk mengisi artikel di blog misalnya, atau deadline lomba yang harus saya ikuti.

5 | Pencatat Ide

Tentu sebagai penulis seringkali ide melintas begitu saja, atau kita ingin mengingat ide tersebut terus menerus dan tak ingin melupakannya karena tertimbun kertas. Dengan menggunakan sticky note, ide tersebut akan tetap segar diingatkan karena setiap hari kita melihat dan membacanya.

6 | Pembatas Buku Bagi Reviewer Buku

Teman-teman di sini ada yang reviewer buku? Nah, dengan sticky note menandai kutipan atau bagian favorit di dalam buku menjadi lebih mudah. Cukup merekatkan sticky note pada bagian tertentu untuk penanda bagian favorit, atau kita bisa menuliskan sedikit catatan di sana.

7 | Penyemangat Kamu

Sticky note  juga bisa digunakan untuk menyamangati kita dalam menulis. Misalnya, saat kita malas, kita melihat tenggat waktu yang mencekik, atau kalimat-kalimat penyemangat yang akan membantu mood kita kembali.

Dari sekian poin di atas, mana yang teman-teman lakukan? Atau barangkali teman-teman memiliki tips yang lain menggunakan sticky note untuk membantu dalam menulis? Share bersama kami ya :)


Salam,
Previous Post
Next Post

0 komentar: