Kamis, 21 Desember 2017

Komitmen, Konsisten dan Konsekuen

Komitmen, Konsisten dan Konsekuen
Komitmen, Konsisten dan Konsekuen
Judul di atas saya ambil dari nasehat guru saya di SMA, beliau sangat saya kagumi. Banyak sekali perjalanan hidup beliau yang saya jadikan sebagai inspirasi, salah satunya adalah tentang apa itu 3K.
3K yang tak lain adalah, K pertama untuk Komitmen, K kedua untuk Konsisten dan K terakhir untuk Konsekuen. Saya sangat terilhami oleh 3 kata tersebut.

Komitmen, Konsisten dan Konsekuen

Beliau menjelaskan bahwa 3K di atas sangat penting, bahkan menjadi patokan berbagai hal dalam kehidupan. baik itu dunia kerja, berumah tangga, berpacaran, maupun lainnya.

Saya akan menjelaskan 3K tersebut sesuai dengan definisi saya sendiri.
  • Komitmen
Komitmen tidak beda jauh dengan janji, suatu hal (janji) yang sudah menjadi tanggung jawab bagi orang sudah mengucapkannya. Banyak sekali contoh komitmen dalam kehidupan ini, salah satunya anda tanda tangan kontrak kerja pada sebuah perusahaan. Ataupun bagi anda yang mempunyai pasangan salah satu komitmen adalah, anda menerima seseorang untuk menjadi kekasih atau pasangan anda. Kadang menyendiri juga merupakan komitmen anda terhadap diri anda sendiri. Jadi jika anda ingin berkomitmen menjadi jomblo, ya lakukanlah komitmen anda.
  • Konsisten
menurut saya konsisten adalah continuitas, atau lebih mudahnya keteguhan dengan apa yang sudah menjadi komitmen atau janji yang sudah dilakukannya. Konsisten sangat perlu kenapa? kalau kita tidak mau dibilang “Orang gak berpendirian” ya kita harus secara berkelanjutan melakukan sebuah komitmen.
  • Konsekuen
Konsekuen dalam hal ini adalah sebuah akibat dari 2 sebab yang sudah saya jelaskan sebelumnya (komitmen, konsisten), seseorang harus konsekuen mau menerima apapun yang terjadi jika sudah melakukan 2 hal di atas. Konsekuen merupakan bentuk tanggung jawab yang terkait dengan konsisten dan konsekuen.

Jujur saya sendiri belum bisa melakukan ketiga hal di atas, tapi itulah yang bisa saya bagikan. Saya menulis ini karena saya ingin juga bisa melaksanakan ketiga-tiganya.

Konsisten, Komitmen dan Konsekuen
Konsisten, Komitmen dan Konsekuen

Pertanyaan

Apakah anda sudah melakukan sesuatu hal berdasarkan 3K di atas?

Sebelum menjawab saya sarankan anda menanyakan kepada diri anda sendiri dan kepada orang lain.

Terima kasih.
Previous Post
Next Post

0 komentar: